Home » » Dukungan Data Untuk Makalah Organizing dan Leadership

Dukungan Data Untuk Makalah Organizing dan Leadership

Mengapa sebuah organisasi bisa mati muda dan yang lain berumur panjang?
Contoh nyata, Organisasi Orde Baru.
Jelas, yaitu bahwa roh yang disuntikkan Orde Baru kepada organisasi-organisasi di Indonesia ternyata adalah roh kematian melalui penyeragaman paksa, kepatuhan berdasarkan rasa takut, sentralisasi kekuasaan, intimidasi dan kekerasan, pemalsuan dan pembohongan, penganaktirian jutaan rakyat, serta nafsu serba uang dan pendewaan materi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa organisasi yang dibangun untuk kemegahan ego manusia, menggunakan sistem manajemen yang salah, melancarkan program yang berlawanan dengan hukum-hukum alam, serta memakai sistem teknologi yang salah kaprah, dapat dipastikan akan menemui kegagalan.

Akan tetapi, mempelajari organisasi yang sudah mati, agar tahu apa yang harus dihindari, baru merupakan setengah upaya. Separuh upaya lainnya ialah mempelajari organisasi sukses dan panjang umur, yang mampu bertahan melampaui berbagai krisis, yang bertambah kuat oleh terpaan badai, dan yang bertumbuh kembang melampau berbagai zaman dan rezim.

Adakah organisasi demikian? Arie de Geuss sudah menunjukkan sejumlah contoh dari dunia bisnis. Tetapi contoh non-bisnis jauh lebih banyak. Contoh negara paling mudah dicari. Di antaranya Mesir, Etiopia, Spanyol, Portugis, Inggris, Prancis, dan Cina. Agama lebih spektakuler lagi. Organisasi agama sejauh ini merupakan yang paling sukses dan panjang umur. Islam sudah 15 abad dengan lebih 1 miliar umat, Kristen sudah 20 abad dengan hampir 2 miliar pengikut, Hindu dan Buddha lebih tua lagi, juga dianut sekitar 1 miliar manusia.

Dengan pengamatan sepintas saja kita bisa menemukan beberapa ciri bersama agama-agama besar itu, organisational wise, yang saya saya yakini menjadi rahasia keberhasilan mereka sehingga dapat tampil sebagai organisasi terhebat sepanjang masa:
1. Ada doktrin dasar yang menjadi basis bagi paradigma utama kehidupan.
2. Ada ritual rutin yang memperkokoh ikatan batin bersama.
3. Ada simbol-simbol yang meneguhkan identitas bersama.
4. Ada tokoh-tokoh (orang suci, nabi-nabi) yang menjadi panutan ideal.
5. Agama berorientasi pada yang idealisme tertinggi.
6. Agama memenuhi kebutuhan psiko-spiritual manusia.
7. Agama menjanjikan imbalan terbaik, yakni keselamatan dan surga.
8. Agama menuntut devosi dan penyerahan total.
9. Agama menuntut kesempurnaan perilaku dari umatnya.
10. Agama tidak pernah berorientasi pada uang.

Bandingkan dengan studi de Geuss yang menunjukkan adanya empat karakter organisasi bisnis panjang umur sebagai berikut:
1. Organisasi (Perusahaan) panjang umur sensitif terhadap lingkungannya. Keberadaan mereka harmonis dan relevan dengan lingkungan usahanya. Mereka ramah lingkungan dalam arti luas. Mereka selalu belajar dan beradaptasi secara damai dengan dunia tinggal mereka.

2. Organisasi (Perusahaan) panjang umur kuat dan kompak karena diikat oleh nilai-nilai bersama yang secara moral baik dan benar serta memiliki identitas organisasi yang khas.

3. Organisasi (Perusahaan) Perusahaan panjang umur bersikap toleran, tidak memaksakan kehendak, rela berbagi kekuasaan dengan pimpinan yang di bawahnya, dan mempraktikkan desentralisasi.

4. Organisasi (Perusahaan) panjang umur, meskipun berorientasi profit, tetapi bersikap konservatif dalam hal keuangan. Mereka sangat hati-hati dalam pengeluaran dan investasi. Mereka berpantang overspending dan overinvestment, apalagi dengan utang.

Namun demikian, ada satu hal yang gagal - paling tidak kurang - dijelaskan oleh studi de Geuss. Yaitu faktor apakah yang membedakan tingkat keberhasilan Organisasi (Perusahaan) yang sama-sama panjang umur? Kenyataannya ada perusahaan yang sangat berhasil, tetapi ada pula yang cuma sekadar hidup, meskipun sama-sama berusia lanjut.
Berikut adalah Delapan Roh Keberhasilan organisasi berkinerja tinggi (high performing organization) yang jika didukung oleh empat karakter de Geuss, akan menjadi organisasi panjang umur juga (long-lived organization). Sebagai satu kesatuan, mereka terdiri dari empat pasang roh sebagai berikut ini:

1. Roh Kebaikan dan Keterpercayaan
The Spirit of Goodness and Trust. Baik berarti positif, berguna dan harmonis. Per definisi, kebaikan hanya datang dari Tuhan. Dan kita tahu Tuhan adalah Sang Mahamurah. Kebaikan-Nya selalu hadir dengan limpah. Semua hal yang baik untuk kehidupan kita, terutama yang esensial seperti air dan oksigen, selalu tersedia dengan limpah.

Organisasi sukses selalu mampu memberikan kebaikan pada sekelilingnya. Untuk itu ia layak memperoleh imbalan yang baik pula. Organisasi sukses selalu dimotivasi oleh kebaikan, menawarkan hal-hal yang positif dan berguna pada dunia sekelilingnya. Produk-produk yang bagus memang mengandung banyak kebaikan bagi kehidupan ini. Jika kita periksa statement resmi visi, misi, nilai-nilai dasar dan falsafah organisasi jelas sekali bahwa eksistensi organisasi itu memang dimotivasi oleh roh kebaikan.

Pada tingkat personal, orang yang dipenuhi oleh roh kebaikan dan kemurahan, mampu memberi dengan limpah pada perusahaannya. Hatinya memang senang berbuat baik. Dia bersikap tulus. Dia merasa sudah menerima banyak (entah dari Tuhan, negara atau perusahaan) dan dia merasa bertanggung jawab untuk memberi dengan banyak pula. Orang seperti ini merasa bahwa pekerjaannya adalah bentuk ucapan syukur pada kehidupan. Dia dan organisasinya merasa berutang dan karena itu harus berbuat kebaikan melalui jasa dan produk ciptaannya kepada pasar. Orang-orang begini, pada mulanya merasa bahwa dia punya kelebihan, entah ilmu, modal atau keterampilan. Mereka merasa harus berbuat sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

Dengan kata lain mereka menyadari telah lebih dahulu menerima dan karena itu merasa mendapat amanah untuk berbuat baik dan memberi kepada masyarakat, sesama manusia, bangsa dan negaranya. Makin banyak mereka menerima makin besar tuntutan pada mereka. Dari sinilah lahir prinsip "dari mereka yang mendapat banyak diminta banyak juga". Mereka memang mendapat kepercayaan dari Tuhan, dari negara atau dari dari organisasinya dan pada gilirannya mengamalkannya untuk masyarakat. Inilah roh keterpercayaan. Mereka mendapat kepercayaan (trust), mereka merasa dipercaya (trusted), dan karena itu mengelola apa yang dipercayakan untuk kebaikan semesta. Jika mereka dapat dipercaya maka kepercayaan lebih besar akan diberikan. Pada titik inilah mereka menjadi orang kepercayaan karena mereka membuktikan diri sebagai orang terpercaya.

Organisasi pun demikian, jika mampu mempertahankan eksistensinya sebagai organisasi yang memberi banyak manfaat atau kebaikan pada masyarakat, maka masyararakat akan percaya dan loyal kepada organisasi itu. Salah satu dambaan tertinggi organisasi ialah agar pelanggan, stakeholder atau konstituennya setia kepadanya. Ini benar untuk koperasi, PT, yayasan atau partai politik.

Lawan dari roh ini ialah roh miskin dan pelit. Orang yang dihinggapi roh ini merasa dirinya selalu kekurangan, dan karenanya tidak punya sesuatu untuk dibagikan. Ini bukan soal jumlah tetapi soal kondisi psiko-spiritual. Bagi orang yang dikuasai roh ini, berapa pun jumlahnya tidak pernah cukup. Inilah penjelasan mengapa orang yang sudah sangat kaya namun tetap masih korupsi. Modus kehidupannya adalah mengambil, menerima dan kalau perlu merampas. Dia selalu melihat dunia sebagai dunia yang tidak ramah, tidak aman dan selalu mengancam dirinya.

Perusahaan yang dikuasai roh ini menjelma menjadi monster ekonomi, melahap apa saja yang bisa menjadi duit dengan segala macam cara, dan mencaplok siapa saja yang dianggapnya sebagai saingan - dengan kasar kalau tidak bisa secara halus. Dia kemudian menjadi gurita yang menakutkan. Perusahaan seperti ini ibarat minum air laut, makin banyak minum uang malah semakin haus uang. Mottonya adalah ekspansi dan aneksasi. Cita-citanya adalah monopoli.

2. Roh Integritas dan Kemajuan
The Spirit of Integrity and Growth. Integritas berarti jujur, bersih, benar, suci atau bebas kuman yang memungkinkan terjadinya lingkungan yang sehat. Bebas kuman disini saya artikan seluas-luasnya, termasuk bebas korupsi, bebas kolusi, bebas nepotisme, bebas penipuan, bebas kotoran, dan bebas kemunafikan. Nama lain dari roh ini adalah Roh Kebenaran, dalam arti benar secara moral, benar secara ilmiah, dan benar pulasecara manajerial.

Integritas secara kesatuan adalah gabungan tiga makna sekaligus suci, sehat dan utuh (holy, whole, holistic) yang dalam pengertian bahasa Inggris ini jelas sekali merupakan tiga sifat yang saling melengkapi dan menyempurnakan. Jika kita suci maka kita sehat sehingga kita bisa bekerja dengan benar dan optimal. Juga, jika organisasi kita suci maka ia akan sehat sehingga dapat berfungsi dengan benar dan optimal, termasuk mampu menyehatkan lingkungannya dimana dia tinggal dan beroperasi.

Roh Kebenaran selalu menuntut kita melakukan pekerjaan yang benar secara benar pula, memanggil kita untuk berbuat hanya yang benar, dan mendorong kita untuk berhadapan dengan realitas sejati sejujur-jujurnya. Dalam makna paling dasar, upaya mengetahui kebenaran sejujur-jujurnya, sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya adalah aktivitas belajar yang sejati. Kebenaran itu selalu memanggil kita untuk belajar secara kontinual, terus-menerus. Ini pada gilirannya akan membuat kita bertumbuh dan semakin maju.

Di pihak lain, jiwa manusia pada dasarnya selalu mendambakan kemajuan dan pertumbuhan ke arah yang lebih tinggi, lebih baik, lebih sempurna. Inilah yang saya sebut sebagai roh kemajuan. Moto Olimpiade "citius, altius, fortius" artinya "paling cepat, paling tinggi, paling jauh" adalah bentuk paling kristal dari roh kemajuan ini. Dan roh kemajuan yang sama pula berada di balik keinginan manusia mengeksplorasi bumi ke dalam dan ruang angkasa ke luar, dan semua harapan-harapan manusia untuk kemajuan dalam arti seluas-luasnya. Tanpa kecuali semua manusia, semua organisasi, di lubuk hati mereka, menginginkan kemajuan dan menembus batas-batas kemustahilan masa lalu dan merobohkan tembok-tembok ketidakmungkinan masakini. Sekaligus, inilah sebabnya masa depan selalu sangat menarik dan mendebarkan hati.

Lawan dari roh ini ialah roh kemalasan dan ketakutan. Orang yang malas enggan bekerja keras, tetapi maunya mendapat hasil yang besar. Tetapi karena apa yang kita peroleh ditentukan apa yang kita berikan maka akan terdapat jurang antara keinginan dan kenyataan, dan jurang ini biasanya ditutupi dengan jalan curang dan main tipu. Malas belajar dengan konsekuensi tidak lulus ujian mengakibatkan ketakutan yang kemudian mendorong orang untuk menyontek dan memalsukan karya-karya ilmiah.

Dalam bisnis, profesionalisme adalah syarat dasar untuk bisa ikut dalam permainan. Tetapi menjadi profesional adalah sebuah proses yang menuntut kerja keras penuh pengorbanan diri. Karena orang malas mengembangkan dirinya (kerja keras) untuk menjadi profesional, maka jalan satu-satunya yang terbuka adalah KKN dalam segala bentuknya. Dan jika dalam putaran pertama ini ia "sukses" memperoleh hasil, maka insentif ber-KKN berikutnya bertambah besar. Demikianlah seterusnya KKN pun melilitnya dengan kuat dan menjadi budaya bisnis yang sukar dikikis. Namun kini kita tahu bahwa bisnis seperti ini tidak panjang umurnya. Dan yang menyakitkan, kematiannya diiringi orang dengan tawa riang karena sebuah hama kehidupan telah berlalu. Jadi buat apa bisnis yang demikian.

3. Roh Cinta dan Sukacita
The Spirit of Love and Joy. Saya mendefinisikan cinta (love) sebagai tindakan proaktif dengan kandungan kebaikan tertinggi yang kita berikan pada orang lain atau objek yang dicintai. Cinta jenis ini dalam bahasa Yunani disebut agape, yakni cinta yang didorong oleh sukacita memberi secara tulus, bebas pamrih dan bebas imbal jasa buat diri sendiri. Penerima agape dengan sendirinya bergembira. Jadi dimana ada agape di situ ada sukacita. Di mana ada sukacita, di situ energi kehidupan melimpah, kreativitas memuncak, dan karya-karya terbaik bermunculan. Itulah sebabnya saya juga menyebut Roh Cinta ini sebagai Roh Kreativitas dan Inovasi, yang oleh karena cinta dan sukacita, memampukan kita menciptakan hal-hal baru yang berguna bagi bisnis dan organisasi kita.

Cinta agape juga memungkinkan dedikasi, pengabdian dan loyalitas, yakni sejenis pengorbanan kepada objek yang dicintai. Cinta ini menjadikan kita bebas dari macam-macam ketakutan dan kekhawatiran yang biasanya bersumber dari terancamnya kepentingan pribadi kita.

Itu sebabnya, pada organisasi bisnis dimana roh cinta dan sukacita tumbuh subur, sharing terjadi secara spontan dan alamiah. Sharing merupakan budaya yang sangat kuat, termasuk sharing of information, sharing of power, sharing of resources, sharing of enjoyment, termasuk sharing of profit.

Lawan dari roh ini ialah roh menumpuk dan mengumpulkan buat diri sendiri. Orang begini selalu makan sendiri, bersikap pelit, dan tidak segan-segan merugikan pihak lain demi keuntungannya. Dalam perusahaan seperti ini, gaji direktur bisa ribuan kali dari gaji karyawannya. Bukan cuma uang, kekuasaan juga ditumpuk secara memusat, pada satu orang saja atau sejumlah kecil elit organisasi. Untuk itu, informasi dijaga secara rahasia.

Disinformasi disebarluaskan untuk menipu secara canggih dan membangun kesan artifisial yang mereka harapkan. Orang dikondisikan agar patuh saja. Kreativitas dianggap pemberontakan. Inisiatif dianggap gerakan liar. Kemandirian dianggap ancaman. Pemimpin dalam organisasi begini sangat menyukai pengendalian. Dia mengontrol semua: uang, informasi, kebebasan, gerak-gerik, bahkan pikiran orang. Jadi jelas bahwa roh menumpuk dan mengumpulkan ini adalah daya yang mematikan organisasi.

4. Roh Keunggulan dan Kesempurnaan
The Spirit of Excellence and Perfection. Unggul berarti yang terbaik dalam jenisnya, betul-betul sangat bagus, kelas satu, superior. Sedangkan sempurna berarti tanpa cacat, nir salah, dan memenuhi semua persyaratan. Ini adalah dambaan semua orang, paling tidak dalam hatinya. Oleh dorongan ini, maka evolusi gerakan mutu dalam dunia bisnis telah mencapai tahap lanjut.

Manusia selalu menginginkan yang terbaik dari apa yang dibeli atau dikonsumsinya. Jelaslah produk dan jasa yang unggul dan sempurna sajalah yang menduduki tangga teratas dalam skala persaingan. Perlombaan menjadi yang terunggul sesungguhnya adalah perlombaan menjadi juara di segala bidang. Maka jika roh ini kuat organisasi tersebut akan tampil sebagai juara di bidangnya.

Lawan dari roh ini ialah roh puas diri dan arogan. Orang yang cepat berpuas diri merasa sudah mencapai puncak kejayaan, paling top, merasa diri sudah sangat hebat bahkan terhebat. Akhirnya, dia jadi arogan, sombong dan pandang enteng pada orang lain. Dia tidak lagi mau mendengar, belajar dengan rendah hati, dan merasa benar sendiri. Saran, input bahkan peringatan yang disampaikan dengan kasih sayang pun sering dilecehkannya. Akibatnya dia lalai dan gegabah. Bersamaan dengan itu ia pun semakin jauh dari kenyataan, out of touch with realities. Pemimpin seperti ini akan lebih celaka lagi jika ia juga dikelilingi para penasehat "yes-man" dan asisten-asisten yang suka menjilat dan melaporkan hal-hal yang membuat asal bos senang.

Secara internal, kepemimpinan seperti ini mengakibatkan ketidakpuasan yang meluas di antara warga organisasi, yang jika tidak diselesaikan akan mengakibatkan perlawanan diam-diam dalam pelbagai bentuk, dan pada saatnya mengundang perlawanan terbuka.
Secara eksternal, para pesaing dengan mudah menyalipnya di tikungan rivalitas bisnis. Pada saat inilah organisasi melemah, sakit dan makin tidak berdaya serta akhirnya bangkrut.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel baru yang terbit di Blog Kabar Pendidikan

7 comments:

rwzv85wnln said...

St0ck For Your Review - FCPG

Current Profile
Faceprint Global Solutions (FCPG)
Current Price $0.15


A U.S. based-company dedicated to the goal of
bringing effective security solutions to the marketplace.

With violent and white-collar terrorism on the rise,
companies are starving for innovative security solutions.

FCPG is set to bring hot new security solutions to
the industry, with currently over 40 governmental and
non-governmental contracts, being negotiated.

Please Review Exactly What this Company Does.

Why consider Faceprint Global Solutions (FCPG)?

Faceprint Global Solutions (FCPG) holds the exclusive
marketing rights from Keyvelop, to sell the world�s
leading encryption technology to be distributed directly
to the Healthcare industry in North America.

Faceprint Global Solutions has completed its biometric
software that recognizes facial features of individuals
entering and leaving through airports, ship yards, banks,
large buildings, etc.

FCPG acquired Montreal-based Apometrix Technologies,
which enhances the companies mission of being a
full-service provider to the multi-application smart
card industry. The North American market appears ready
for significant expansion of price-competitive, proven,
multi-application solutions on smart cards. Apometrix's
forecast of over 300 customers and sales of more than $50
million in North America over the next five years, appears
very realistic, according to company management.

Faceprint Global Solutions is currently in contract negotiations
with over 40 governmental agencies and businesses seeking to use
their encryption, biometric, and smart-card technologies.

Breaking News for Faceprint Global Solutions (FCPG)

Faceprint Global Solutions (FCPG) is pleased to announce that
IBM will now offer the world�s leading encryption software to
its major Healthcare clients in North America.

With FCPG owning the exclusive North American rights to distribute
the worlds leading encryption and transmission software developed by
Keyvelop, FCPG is poised to capture large volumes of sales generated
by customers currently using IBM�s software in the healthcare and other industries.
�This is a very positive move for FCPG and for Keyvelop,� said FCPG
CEO Pierre Cote. �We are very happy about the decision to go with IBM.
This is a continuation of the progress made by everyone associated
with FCPG and its partners.�

Buell Duncan, IBM's general manager of ISV & Developer Relations commented,
�Collaborating with Keyvelop will ensure that we develop open solutions
that are easy to maintain and cost effective for our customers in the
healthcare and life sciences industry.�

Among other things, this new software technology which is currently
being used by a number of European healthcare companies, is used to
send any file, regardless of format or size. Encryption keys, evidence
of transmission integrity with fingerprint calculation, time-stamping
of all actions and status record updating, pre-checking sender and
receiver identities, validating file opening dates are part of Keyvelop features.
About FacePrint Global Solutions, Inc.

FCPG operates a business, which develops and delivers a variety of
technology solutions, including biometric software applications on
smart cards and other support mediums (apometric solutions). FCPG�s
products provide biometric solutions for identity authentication and a
host of smart card- and biometrics-related hardware peripherals and
software applications. Apometrix, FCPG�s wholly-owned subsidiary, combines
on-card or in-chip multi-application management solutions with best-of-breed
�in-card matching� biometrics. Keyvelop�s secure digital envelope solution
and Apometrix�s on-card biometrics work together to produce the winning
combination in the fields of security, traceability and identity management.
Conclusion:

The examples above show the Awesome, Earning Potential of little known
Companies That Explode onto Investor�s Radar Screens. This sto,ck will
not be a Secret for long. Then You May Feel the Desire to Act Right Now!
And Please Watch This One Trade!

GO FCPG!

Disclaimer:
Information within this email contains "forwardlooking statements" within
the meaning of Section 27Aof the Securities Act of 1933 and Section 21B of
the Securities Exchange Act of 1934. Any statements that express or involve
discussions with respect to predictions, expectations, beliefs,
plans, projections, objectives, goals, assumptions or future events or
performance are not statements of historical fact and may be "forward
looking statements". "Forward |ooking statements" are based on
expectations, estimates and projections at the time the statements are made
that involve a number of risks and uncertainties which could cause actual
results or events to differ materially from those presently anticipated.
We were paid a sum of three thousand USD to disseminate this information from
ir marketing. Forward loking statements in this action may be identified through
the use of words such as "projects", "foresee", "expects", "will", "anticipates",
"estimates", "believes", "understands" or that by statements indicating
certain actions "may", "could", or "might" occur. Risk factors include
general economic and business conditions, the ability to acquire and develop
specific projects, the ability to fund operations and changes in consumer
and business consumption habits and other factors overwhich the company has
little or no control. The publisher of this newsletter does not represent
that the information contained herein are true and correct.

Proper Ways said...

Tingkatkan RANKING WEBSITE secara otomasits dengan SOFTWARE baru ini.
Dapatkan di LINK GENERATOR SOFTWARE

Saya telah ping blog ini ke search engine sebagai ucapan terima kasih kepada pemilik blog.

crisprice7150 said...

I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. My blog is just about my day to day life, as a park ranger. So please Click Here To Read My Blog

howardmartin3247 said...

I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. So please Click Here To Read My Blog

http://pennystockinvestment.blogspot.com

lewisandres79296266 said...

Get any Desired College Degree, In less then 2 weeks.

Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

Get these Degrees NOW!!!

"BA", "BSc", "MA", "MSc", "MBA", "PHD",

Get everything within 2 weeks.
100% verifiable, this is a real deal

Act now you owe it to your future.

(413) 208-3069 call now 24 hours a day, 7 days a week.

tavd5ptcn68rkr said...

hey, I just got a free $500.00 Gift Card. you can redeem yours at Abercrombie & Fitch All you have to do to get yours is Click Here to get a $500 free gift card for your backtoschool wardrobe

1wrzc94gyx said...

hey, I just got a free $500.00 Gift Card. you can redeem yours at Abercrombie & Fitch All you have to do to get yours is Click Here to get a $500 free gift card for your backtoschool wardrobe

 
Support : Kabar Pendidikan | Gudang Makalah | Grosir Laptop
Copyright © 2011. Makalah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger